Kamis, 25 Februari 2010

PEMILIHAN DAN PENERAPAN METODE DAN TEKNIK PENYULUHAN PERIKANAN


Penggunaan panca indera tidak terlepas dari suatu proses belajar mengajar karena panca indera tersebut terlibat di dalamnya Hal ini dinyatakan oleh Socony Vacuum Oil Co. yang di dalam penelitiannya memperoleh hasil sebagi berikut 1 % melalui indera pengecap, 1,5 % melalui indera peraba 3,5 % melalui indera pencium 11 % melalui indera pendengar dan 83 % melalui indera penglihatan.
    Dalam mempelajari sesuatu seseorang akan mengalami suatu proses adopsi yang berlangsung secara bertahap melalui serangkaian pengalaman mental psikologis sebagai berikut :
                Tahap penumbuhan perhatian, dimana seorang sekedar mengetahui adanya suatu gagasan / ide atau praktek baru untuk pertama kalinya.
                Tahap pertumbuhan minat, dimana seseorang ingin mengetahui lebih banyak perihal baru tadai dan berusaha mencari informasi lebih lanjut.
                Tahap menilai, dimana seseorang mampu membuat perbandingan
                Tahap mencoba, dimana seseorang mencoba gagasan baru atau praktek baru.
                Tahap menerapkan, dimana seseorang meyakini gagasan atau praktek baru itu dan menerapkan sepenuhnya secara berkelanjutan di dalam usahataninya.
Kemampuan seseorang untuk mempelajari sesuatu berbeda-beda demikian juga tahap perkembangan mental, keadaan lingkungan dan kesempatan, sehingga perlu ditetapkan suatu metode penyuluhan perikanan yang berhasil guna dan berdaya guna.
Untuk penerapan dari metode dan teknik penyuluhan perikanan dengan mengamati terlebih dahulu dasar pertimbangan pemilihan metode dan teknik penyuluhan perikanan yang terdiri :

1. Sasaran
                Yang perlu diperhatikan tingkat pengetahuan sasaran, ketrampilan dan sikap sasaran
                Kondisi sosial budaya sasaran penyuluhan
                Banyaknya sasaran yang dicapai.

2. Sumberdaya penyuluhan
Yang perlu dipertimbangan untuk sumberdaya penyuluhan perikanan ini:
                Kemampuan penyuluh yang meliputi pengusaan ilmu dan ketrampilan serta sikap yang dimiliki.
                Materi penyuluhan yang akan disampaikan
                Ketersediaan sarana dan biaya penyuluhan

3. Keadaan Daerah
                Musim dan iklim
                Keadaan usahatani
                Keadaan lapangan

4. Kebijaksanan Pembangunan Perikanan
                Yang berasal dari pemerintah pusat dan daerah
                Yang berasal dari masyarakat Pelaku usaha perikanan

B. Ragam metode dan teknik
Ragam metode dan teknik penyuluhan perikanan yang dapat dipilih untuk dapat diterapkan dapat didasarkan pada aspek :
                 
Komunikasi :
- langsung seperti anjangsana, pertemuan kelompok, kursustani, karyawisata/ widyawisata, ceramah, FDG.

- tidak langsung seperti penggunaan media cetak (poster, leaflet, folder, brosur, majalah, koran), penggunaan media elekrtonik (televisi, film radio), dialog melalui media komunikasi.

Psikososial :
- massal seperti menyabaran media cetak, pengunaan media elektronik, pertemuan  umum, pameran, kampanye.

- kelompok seperti demontrasi, FDG, kursustani, pertemuan kelompok, karyawisata/widyawisata, ceramah.

- individu/perorangan seperti anjangsana rumah/tempat usaha, surat menyurat, telepon.
Panca indera : - penglihatan seperti brosur, folder, leaflet, majalah, poster dan koran
- pendengaran seperti tape recoder, radio, telepon
- kombinasi pendengaran dan penglihatan seperti pemutaran film dan televisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar