Senin, 01 Juni 2015

ASOSIASI IKAN DAN KARANG



Ikan yang berasosiasi dengan karang dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu  indicator species, target species dan major groups. Ketiga kelompok tersebut sebagai berikut :
1.    Indicator Species
Ikan yang dikelompokkan ke dalam indicator species adalah jenis-jenis ikan yang dianggap berasosiasi paling kuat dengan jenis-jenis karang. Secara umum kelompok ini disebut ikan kepe-kepe terdiri dari beberapa marga (Chaetodon spp, Chelmon  spp, Heniochus  spp, dan Orcipiger spp), masuk dalam suku Chaeptodontidae. Ikan-ikan yang termasuk dalam kelompok ini umumnya memiliki pola warna yang indah dengan gerakan-gerakan gemulai sehingga sangat menarik perhatian orang-orang yang sedang melakukan penyelaman (scuba diving) atau berenang-berenang (snorkling) di perairan terumbu karang. Hampir semua jenis ikan kepe-kepe dikenal sebagai ikan hias air laut yang mudah dijumpai di tempat-tempat penampungan kan hias laut.
Mudah dikenali oleh masyarakat awan sekalipun, karena sudah sangat populer khususnya bagi pecinta ikan hias. Di alam, ikan kepe-kepe umumnya hidup sendiri-sendiri atau berpasang-pasangan, dan biasa dijumpai dalam kelompok-kelompok kecil. Biasanya berenang-renang di antara bongkahan dan koloni-koloni karang, memangsa polip-polip pembentuk karang.



2.    Target Species
Ikan-ikan yang dimaksud dengan spesies target atau target spesies meliputi ikan-ikan konsumsi dan ekonomis penting yang berasosiasi dengan karang. Kelompok ikan-ikan target penghuni terumbu karang banyak yang sudah dikenal masyarakat kita misalnya ikan kakap atau tanda-tanda suku Lutjanidae, ikan kerapu atau ikan balong sunu suku Serranidae, ikan beronang suku Siganidae dan masih banyak lagi yang lain yang mudah dijumpai di pasar-pasar atau tempat pelelangan ikan. Kelompok ikan-ikan konsumsi merupakan ikan yang selalu diburu oleh para nelayan di daerah terumbu karang dan sekitarnya, dengan alat tangkap seperti bubu, pancing, jaring dan lain-lain. Kelompok ikan-ikan ini biasa hidup di antara lempengan-lempengan karang atau lubang-lubang.




3.    Ikan-Ikan Lainnya (Major Group)
Jenis-jenis ikan yang dikelompokkan sebagai major grup ini meliputi semua ikan yang tidak termasuk dalam kedua kelompok di atas. Merupakan kelompok terbesar dari ikan-ikan penghuni terumbu karang. Umumnya hidup dalam kelompok besar (schooling fish), misalnya ikan betok jenis Amblyglyphidodon curacao, suku Pomacentridae, jenis Dascyllus reticulatus masih dari suku Pomacentridae, ikan beseng jenis Apogon quinquelineatus, suku Apogonidae dan masih banyak lagi yang termasuk kelompok ini. Sering dijumpai bahkan di seluruh kawasan terumbu karang yang kondisinya dalam kategori sangat baik. Ikan-ikan yang tergabung dalam kelompok Major fish umumnya berukuran tubuh kecil-kecil. Beberapa jenis dari kelompok ini memiliki warna-warna tubuh yang indah menawan, cocok sebagai pengisi aquarium ikan hias laut. Ikan-ikan tersebut antara lain ikan enjil dari suku Pomacanthidae. Kranjang bali suku Acanthuridae, dan beberapa jenis dari suku Labridae hanya sebagian kecil dari keluarga besar Major fish yang berpotensi sebagai ikan hias. 



Sumber :
Mojetta, Angelo. 1995. The Barrier Reefs: A Guide to the World of Corals (Diving Guides).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar